donasi

BerandaKabarPPKM Goes To School - SMA Labschool Kebayoran

PPKM Goes To School - SMA Labschool Kebayoran

Pada tanggal 22 April 2015 tim PPKM goes to school berkesempatan mengajarkan topic financial literacy kepada SMA Labschool Kebayoran. Pak Herman selaku guru BK dan Humas Sekolah menyambut rencana pelaksanaan kegiatan tersebut dengan sangat baik. Tadinya, sekolah meminta agar kami memberikan materi di hadapan 140 anak sekaligus di Aula sekolah. Akan tetapi, karena keterbatasan SDM Tim PPKM Goes to School maka kami hanya bias memberikan materi pada 90 orang saja. Hal ini agar suasana pengajaran akan jadi kondusif, Tim kami terdiri dari Winnie, Fajar, Diah, Nandia, Miftha, dan Elsa.

Siswa yang mendapatkan sosialisasi financial literacy adalah kelas XI IPA Lintas Minat yang mengambil kelas Ekonomi. Wali kelas kami tersebut adalah Pak Afdar dan beliau sempat mengikuti beberapa materi bersama kami. Pengalaman memberikan materi kelas XI tersebut cukup menegangkan, terutama karena kelas tersebut menjadi pengalaman pertama kami membawakan pelatihan keuangan terhadap remaja. Namun di luar ekspektasi kami, sesi yang dimulai pada pukul 13.00 ternyata disambut dengan cukup bersemangat. Kegiatan PPKM Goes to School pun kami rangkum dalam 3 sesi pelatihan, yaitu Sesi I Membuat Anggaran yang terbagi dalam 5 Topik, Sesi II Mengenal Institusi Keuangan, Sesi III Menjadi Konsumen yang Cerdas, dan juga sesi tambahan yaitu sesi Tebak Harga.

Sebagian dari siswa sudah sadar pentingnya menabung dan bahkan sudah menjadikan kegiatan menabung sebagai pengeluaran sehari-hari namun mereka mengaku baru mengetahui konsep menabung yang benar seperti penyisihan di awal serta konsep S.M.A.R.T dalam membuat tujuan keuangan dan impian yang ingin dicapai. Sesi pertama ditutup dengan keseruan mempelajari berbagai cara untuk mencapai tujuan keuangan dan menetapkan tujuan keuangan yang kemudian mereka presentasikan.

Dalam materi tentang lembaga keuangan peserta juga sudah mengenal berbagai lembaga keuangan seperti bank. Beberapa dari siswa sudah memiliki tabungan serta mengerti secara dasar bagaimana bank bekerja. Dalam sesi ini banyak peserta yang bertanya berbagai lembaga keuangan selain bank, seperti asuransi dan lembaga keuangan investasi. Pada sesi III, kami membahas tentang konsep konsumen yang cerdas. Kami berdiskusi tentang konsep memilih barang, mengenal teknik promosi, serta hak/kewajiban mereka sebagai konsumen. Dalam sesi ini peserta sudah kelihatan lelah, namun kami berhasil mencairkan suasana dengan mengajak berinteraksi dan mengadakan games kecil yang berhadiah.

Kegiatan PPKM Goes to School di SMA Labschool Kebayoran berjalan baik mulai dari penjajakan dengan pihak sekolah, pembagian kelas, persiapan hadiah, dan penyampaian materi. Tim kami pun mendapatkan respon yang sangat baik dari sekolah serta para siswa. Guru ekonomi SMA Labschool Kebayoran mengharapkan PPKM datang kembali dengan membawa topik mengenai investasi. Mereka juga mengatakan akan mulai menabung, menggunakan berbagai konsep seperti S.M.A.R.T dalam penentuan tujuan keuangan/impian, mulai mengatur keuangannya, dan membeli barang-barang sesuai kebutuhannya.

Dokumentasi kegiatan PGTS SMA Labschool Kebayoran

 

Lamp1-PGTSLabschool Lamp2-PGTSLabschool

Lamp3-PGTSLabschool

 

logo ppkm footer