donasi

BerandaKabarProgam Perencanaan Keuangan Masyarakat

Progam Perencanaan Keuangan Masyarakat

Progam Perencanaan Keuangan Masyarakat (PPKM) terdiri dari 4 sub kegiatan. Pertama, membuat modul PPKM yang dapat diakses secara mudah dan gratis bagi masyarakat. Kedua, membangun kerjasama antara pemerintah, perusahaan, LSM, NGO, universitas dan masyarakat luas dalam melaksanakan kegiatan PPKM.

Ketiga, melakukan Trainning for Trainners (TOT) dan Training for Community (TOC) pelatihan perencanaan keuangan masyarakat yang bebas biaya dan dapat direplikasi untuk keberlanjutannya dimasa datang; dan keempat, pemberdayaan masyarakat Indonesia melalui peningkatan pemahaman layanan dan dasar managemen keuangan menuju kehidupan yang sejahtera melalui diseminasi modul secara aktif baik melalui berbagai media.

Financial literacy merupakan pengetahuan tentang institusi keuangan, manajemen keuangan sederhana, dan sejenisnya. Financial literacy yang dimaksudkan dalam kegiatan ini tidak hanya terbatas tentang pengetahuan bagaimana mengelola keuangan sederhana tapi juga bagaimana mengakses layanan lembaga keuangan formal. Dengan meningkatnya financial literacy, diharapkan masyarakat akan memiliki kemampuan untuk mengelola uang dan asetnya yang terbatas dengan bijaksana demi tercapainya tujuan dirinya sendiri, anak-anaknya, maupun keluarganya di masa mendatang. Mengingat manfaat yang luas dari financial literacy, maka hal ini perlu melibatkan kalangan perbankan, pemerintah semata, juga pihak lain yang lebih luas, seperti lembaga swadaya masyarakat, kalangan akademisi, dan masyarakat luas.

Indonesia sesungguhnya memiliki sejumlah ‘infrastruktur modal sosial’ seperti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di berbagai universitas, Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), dan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) yang tersebar di seluruh Indonesia. Program-program ini sesungguhnya dapat saling dihubungkan dan dimanfaatkan untuk meningkatkan inklusi keuangan melalui penyebarluasan pengetahuan financial literacy. Untuk itu, melalui kegiatan ini, kami ingin membangun jejaring kerjasama dengan berbagai pihak yang memiliki perhatian terhadap pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan pemahaman masyarakat mengenai keuangan sederhana yang berkelanjutan.

logo ppkm footer