donasi

BerandaKabarKegiatan TFoC Komunitas FloHope Kerjasama PPKM Dengan OJK

Kegiatan TFoC Komunitas FloHope Kerjasama PPKM Dengan OJK

FloHope berasal dari frasa Flower of Hope. Komunitas ini memberdayakan ibu-ibu penyapu jalan untuk memberikan pelatihan dan mendapatkan pendapatan tambahan sebagai pembuat bunga dari kain flannel. Kegiatan flohope terdiri dari pelatihan dan produksi kerajinan bunga dari kain flanel, mengajar di sekolah non-formal di daerah Bojong Gede (tempat asal mayoritas ibu penyapu jalanan UI), dan pengajian (bekerjasama dengan komunitas Golden Generation). Jadwal pertemuan komunitas dilakukan setiap hari sabtu. Lokasi pertemuan adalah Masjid Ukhuwah Islamiyah (MUI) Kampus UI Depok, Jawa Barat.

Jumlah peserta yang terdaftar pada pada kegiatan TFoC PPKM Indonesia bekerjasama dengan komunitas Ibu penyapu jalan yaitu sebanyak 47 orang. Rata-rata status pekerjaan peserta yaitu sebagai pekerja penyapu jalanan Kampus UI Depok. Rata-rata status pendidikan peserta yaitu tamat SD dan hanya sebagian kecil yang berlatar pendidikan SMP.

Pertemuan untuk TFoC PPKM Indonesia berbarengan dengan kegiatan pengajian mingguan Ibu-ibu penyapu jalan.

Fasilitator yang memfasilitasi kegiatan Training and Facilitation of Community (TFoC) di Komunitas FloHope berjumlah empat (4) orang fasilitator. Berikut adalah data diri fasilitator:

Nama Fasilitator

Usia

Status Pekerjaan / Pendidikan Terakhir

Atiqah Amanda Siregar

22 tahun

Mahasiswa Strata-1 di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, program studi Ilmu Managemen

Urfy Syifa

27 tahun

Ibu Rumah Tangga / S-1 Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan (IESP) Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

Wahyuni

27 tahun

Business Excellent Analyst, Conoco Philips Indonesia / S-1  Ilmu Akutansi, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Wahyu Ramdhani

21 tahun

Mahasiswa S1 Fakultas Hukum Universitas Indonesia

 

Testimoni

Ibu Mini FloHope

Ibu Mini, 53 tahun, penyapu jalan Kampus UI Depok dan Ibu rumah tangga.

Saya mengetahui kegiatan PPKM ini dari Tim PPKM yang memperkenalkan PPKM ke FloHope dan dari kegiatan mingguan yang dilakukan oleh kelompok Golden Generation. Saya tertarik mengikuti kegiatan PPKM karena saya ingin belajar bagaimana cara menabung yang baik, agar tujuan keuangan saya untuk menyekolahkan anak-anak saya dapat tercapai. Sementara di kegiatan PPKM saya diajari berbagai hal yang sangat berguna, terutama merencanakan keuangan keluarga saya dan menabung. Kegiatan PPKM selama beberapa bulan terakhir ini sangat bermanfaat dan sekarang sedikit demi sedikit saya sudah dapat menabung. Bagi saya kegiatan PPKM sudah sangat baik, saya berharap kegiatan ini dapat berlanjut karena waktunya selama ini masih kurang. Semoga kedepannya kegiatan PPKM lebih lancar, lebih baik dari yang sudah sangat baik.

Ibu Nuryati FloHope

Ibu Nuryati, 53 tahun, Penyapu jalan Kampus UI Depok dan Ibu rumah tangga.


Saya mengetahui kegiatan PPKM dari kelompok pengajian Ibu-ibu yang diadakan oleh Golden Generation (GG) di Masjid Ukhuwah Islamiyah (MUI), Kampus UI Depok. Saya tertarik untuk mengikuti kegiatan PPKM karena saya ingin sekali belajar menabung, saya sebelumnya tidak pernah menabung, saya juga tidak pernah mengikuti kegiatan arisan ibu-ibu di lingkungan RT tempat saya tinggal, karena mereka pernah melakukan kecurangan dalam arisan. Bagi saya kegiatan PPKM sangat bermanfaat sekali untuk bekal dihari tua saya yaitu berupa tabuangan karena setelah mengikuti kegiatan menabung saya menjadi tahu bagaimana cara menabung yang baik dan benar. Ada beberapa hal yang saya tidak bisa ikuti dengan sebaik-baiknya didalam kegiatan PPKM ini, yaitu pada saat sesi mengisi Lembar Kerja, terlalu banyak form yang harus diisi sementara penglihatan saya sudah terganggu.

Ibu Nyai Citrawati FloHope

Ibu Nyai Citrawati, 39 tahun, Penyapu jalan Kampus UI Depok dan ibu rumah tangga.


Saya mengetahui kegiatan PPKM dari kegiatan pengajian mingguan yang saya ikuti di Masjid Ukhuwan Islamiyah (MUI) Kampus UI Depok. Motivasi saya mengikuti kegiatan PPKM karena saya ingin menjadi disiplin dalam menabung. Kegiatan PPKM sangat bermanfaat bagi saya, selain menjadi

Beberapa Foto terbaik ketika Kegiatan TFoC Komunitas FloHope Kerjasama PPKM Dengan OJK berlangsung

Lampiran1-PPKM&OJK-FloHope

 

Lampiran2-PPKM&OJK-FloHope

Lampiran3-PPKM&OJK-FloHope

 

logo ppkm footer