donasi

BerandaKabarKegiatan TFoC Komunitas Kampung Bulu Kerjasama PPKM Dengan OJK

Kegiatan TFoC Komunitas Kampung Bulu Kerjasama PPKM Dengan OJK

Kegiatan TfoC di Kampung Bulu diikuti oleh ibu-ibu rumah tangga di wilayah Desa Setia Mekar Kecamatan Tambun Selatan RT 05/025. Dalam pelaksanaanya kelompok tersebut dibagi lagi menjadi 2, berdasarkan kedekatan lokasi rumah dan jadwal kosong yang dimiliki para ibu dan para fasilitator.
Total seluruh peserta yang terdaftar adalah 43 orang dengan peserta aktif sebanyak 41 orang. Sebagian besar peserta berprofesi sebagai ibu rumah tangga dengan tingkat pendidikan SD dan SMP. TFoC kelompok 1 diadakan pada hari Minggu siang di rumah sekretaris RT o5 yaitu Ibu Asih sementara TfoC kelompok 2 diadakan pada hari Minggu sore di rumah salah satu peserta yaitu Ibu Junasih. Kelompok 1 memiliki peserta aktif sebanyak 24 orang sementara kelompok 2 sebanyak 17 orang.

Keberhasilan penyelenggaraan di kedua Kelompok RT Kampung Buluh tidak lepas dari peran aktif Bapak RT, sekretraris RT, dan fasilitator yang selalu menjaga komunikasi satu sama lain dan saling menggantikan bila ada fasilitator yang berhalangan.

Kegiatan Training and Facilitation of Community (TfoC) di Kampung Bulu melibatkan 3 fasilitator utama. Ketiga fasilitator tersebut adalah:

Nama Usia Pekerjaan
Aprilia Hartami 25 Tahun Karyawan Swasta
Chrstine Yusuf 27 Tahun Karyawan Otoritas Jasa Keuangan
Nandia 19 Tahun Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta Jurusan Pendidikan Luar Sekolah

Testimoni

Ibu Arsinah

Ibu Arsinah, 37 Tahun, Ibu Rumah Tangga

Saya mengetahui Pelatihan Perencanann Keuangan Masyarakat ini dari tetangga saya Ibu Asih dan teman-teman volunteer yakni Riana, Nandia, April dan Izza. Motivasi saya mengikuti pelatihan ini  ingin tau cara mengatur keuangan yang benar. Manfaat setelah mengikuti pelatihan ini saat ini saya dapat mengerti serta  membedakan pengeluaran rutin dan pengeluaran tidak rutin serta saat ini saya sudah dapat menabung untuk biaya pendidikan anak saya di masa depan nanti. Saran saya kalau bisa setiap 1 bulan dapat diadakan pelatihan seperti ini agar saya dapat semangat untuk belajar mengenai perencanaan keuangan untuk keluarga saya.

Ibu Ayu

Ibu Ayu, 28 Tahun, Ibu Rumah Tangga

Saya mengetahui program PPKM dari tetangga saya Riana dan Nandia. Motivasi saya mengikuti PPKM ingin menjadi ibu rumah tangga yang baik dan cerdas dalam mengelola keuangan keluarga saya. Manfaat saya mengikuti pelatihan ini saat ini saya dapat mengatur keuanga keluarga saya, saya mengerti bagaimana caranya agar terhindar dari utang dan saya mengerti apa yang di maksud dengan lembaga keuangan. Saran saya agar kegiatan seperti in dapat menyebar luas di daerah lain agar ibu-ibu rumah tangga menjadi cerdas dalam pengelola keuangan keluarga mereka dan menjadi keluarga yang damai dan sejahtera.

Ibu Yeni

Ibu Yeni, 24 Tahun, Ibu Rumah Tangga

Saya tahu program perencanaan keuangan dari para fasilitator. Motivasi saya mengikuti pelatihan ini untuk memperluas wawasan saya tentang perencanaan keuangan dan ingin tau caranya berhemat dengan benar. Manfaat pelatihan ini saya tau konsep keuangan serta pentingnya menabung. Saran saya supaya pelatihan ini tidak putus sampai disini dan beberapa bulan ke depan seharunya ada pertemuan-pertemuan dan belajar bersama kembali tentang perencanaan keuangan. 

Gambar-gambar kegiatan selama berlangsungya TFoC.

Pemberian Materi di Kelompok 1 dan 2

Lampiran1-PPKMOJK-Kampungbulu Lampiran2-PPKMOJK-Kampungbulu
Lampiran3-PPKMOJK-Kampungbulu Lampiran4-PPKMOJK-Kampungbulu

Aktifitas ibu-ibu saat mengerjakan lembar kerja

Lampiran5-PPKMOJK-Kampungbulu Lampiran6-PPKMOJK-Kampungbulu
Lampiran7-PPKMOJK-Kampungbulu Lampiran8-PPKMOJK-Kampungbulu

Pengambilan Kartu ATM Produk TabunganKu di Bank BTN Cabang Rawa Kalong

Lampiran9-PPKMOJK-Kampungbulu Lampiran10-PPKMOJK-Kampungbulu

Seminar pada pertemuan terakhir 

 

Para ibu mendapatkan materi tentang OJK yang di sampaikan oleh Pak Sultan serta tentang lembaga keuangan yang di sampaikan oleh Pak Endang  Kepala Cabang bank BTN cabang Rawa Kalong

Lampiran12-PPKMOJK-Kampungbulu Lampiran13-PPKMOJK-Kampungbulu
Lampiran14-PPKMOJK-Kampungbulu

 


Kegiatan Training and Facilitation of Community (TfoC) di Kampung Bulu melibatkan 3 fasilitator utama. Ketiga fasilitator tersebut adalah:

Nama

Usia

Pekerjaan

Aprilia Hartami

25 tahun

Karyawan swasta

Cristine Yusuf

27 tahun

Karyawan OJK

Nandia

19 tahun

Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta Jurusan Pendidikan Luar Sekolah

logo ppkm footer