donasi

BerandaKabarAbout UsTentang Kita

Tentang Kita

PPKM adalah program perencanaan keuangan dan pengelolaan uang dengan target masyarakat berpenghasilan menengah dan  rendah. Program ini telah menjalin kemitraan dengan program pengabdian masyarakat Kuliah Kerja Nyata (KKN) di beberapa universitas negeri (Unpad, UPI, dan Untirta) serta program pemberdayaan masyarakat PNPM di Malang. PPKM menempatkan individu dan keluarga sebagai awal untuk mengembangkan stabilitas keuangan. Secara umum PPKM terdiri dari 4 kegiatan:

1.    Training for Trainers  (TOT)
Pelatihan dilakukan kepada pihak yang berkomitmen untuk melakukan pelatihan kembali kepada masyarakat. Kapasitas kelas maksimum 20 orang. Target peserta ditujukan kepada:
a.    Para mahasiswa yang akan melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN);
b.    Guru-guru maupun pembina sekolah menengah yang berkenan memperkenalkan konsep literasi keuangan kepada para siswa;
c.    Fasilitator PNPM;
d.    Pembina koperasi ;
e.    Pembina NGO local

2.    Training for Community (TOC)
Pelatihan dilakukan kepada masyarakat langsung baik oleh para trainers yang telah mengikuti TOT maupun para master trainer yang tergabung dalam tim PPKM. Kapasitas kelas maksimum 30 orang. Target peserta diutujukan kepada:
a.    Siswa sekolah menengah
b.    Ibu tumah tangga
c.    Pengusaha kecil dari sektor informal

3.    Pendampingan
Merupakan proses kegiatan yang menjadi bagian atau kegiatan tambahan dari TOC. Selain pelatihan, peserta akan melakukan mempraktekan materi-materi perencanan keuangan dan bisnis kecil dengan bimbingan dari para pelatih (trainers). Tujuan dari pendampingan adalah membantu peserta untuk membiasakan diri menjalankan konsep-konsep dasar yang baik bagi perencanaan keuangan atau bisnis kecil.

4.    Evaluasi kegiatan
Evaluasi dilakukan di setiap kegiatan PPKM untuk melihat efektifitas kegiatan serta dampak pelatihan terhadap peserta. Evaluasi dilakukan dengan motede kualitatif dan kuantitatif. Hasil evaluasi digunakan sebagai bagian laporan kepada donor serta perbaikan program PPKM.

logo ppkm footer