donasi

BerandaKabarProgram Internship PPKM Indonesia Batch 2 (Periode Februari – April 2015)

Program Internship PPKM Indonesia Batch 2 (Periode Februari – April 2015)

Program Internship PPKM Indonesia

Batch 2

 

 

Batas Akhir Pendaftaran dan Pengiriman CV

PALING LAMBAT

Sabtu, 10  Januari 2015

 

 

Deskripsi Singkat

PPKM atau Pelatihan Perencanaan Keuangan Masyarakat adalah salah satu program yang dikelola oleh Divisi Ekonomi ALPHA-I, Asosiasi alumni penerima beasiswa USAID - Prestasi Program.  Scholars yang telah menyelesaikan pendidikan di Amerika dan telah kembali ke Indonesia berupaya untuk memberikan kontribusi ke masyarakat dengan melakukan kegiatan sosial terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah. 

Secara umum, kegiatan PPKM berusaha meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia. PPKM berupaya agar masyarakat Indonesia mempunyai pengetahuan dan kemampuan dalam mengelola keuangan dan mampu memanfaatkan jasa keuangan yang tersedia. Informasi lebih lengkap tentang PPKM dapat dilihat di website www.ppkmindonesia.com serta media sosial (Facebook dan twitter) PPKM Indonesia.

PPKM telah bekerja sama dengan berbagai pihak, baik universitas seperti UNPAD, IPB, UNJ, UPI dan UNTIRTA, pemerintah seperti OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan PNPM Kota Malang, organisasi sosial kemasyarakatan seperti LKY (Lembaga Konsumen Yogyakarta), Nalacity Foundation, FloHope Indonesia, Sekolah Bermain Matahari dan juga pihak swasta seperti HCI (Home Credit Indonesia).

Saat ini, kami sedang membuka kesempatan kepada masyarakat luas baik mahasiswa, karyawan swasta, PNS, dan lain-nya yang memenuhi persyaratan untuk menjadi TRAINERS PPKM dengan mengikuti program Internship PPKM Indonesia Batch 2 periode Februari – April 2015

 

Tahapan Kegiatan :

I. Pendaftaran dan Pengiriman CV ( 21 Desember 2014- 10 Januari 2015 pukul 00.00 WIB)

II. Wawancara ( 17-27 Januari 2015)

III. Pengumuman Hasil Penyeleksian Peserta (31 Januari 2015)

IV. Pertemuan Pertama antara Peserta dan Tim PPKM Indonesia akan di laksanakan pada tanggal 7 Februari 2015

V. Pelaksanaan Pelatihan dilakukan pada hari Sabtu antara Februari sd April 2014 (tanggal masih tentative)

 

 

Persyaratan Umum :

 

1.Terbuka untuk umum, mahasiswa S1/D3 semua jurusan minimal semester 3fresh-graduated, alumni, sudah bekerja (karyawan swasta, PNS, dll usia maksimal 30 tahun).

 

2.Peserta mempunyai ketertarikan yang besar dalam kegiatan sosial dan voluntary, mengajar di komunitas, pendampingan sosial, dan kegiatan pemberdayaan masyarakat.

 

3.Peserta mempunyai ketertarikan mengenai literasi keuangan (peserta tidak harus mempunyaibackground dan pengalaman terkait literasi keuangan sebelumnya).

 

Persyaratan Khusus :

 

1.Peserta bersedia mengikuti semua rangkaian kegiatan baik di kelas maupun di komunitas selama periode Februari – April 2015.

 

2.Peserta bersedia melakukan kegiatan pendampingan sosial dan kegiatan mengajar di komunitas yang berlokasi di JABODETABEK.

 

3. Peserta bersedia mengikuti semua prosedur PPKM Indonesia baik proses rekrutmen, proses persiapan, proses pelaksanaan kegiatan dan training, serta evaluasi hingga selesai kegiatan.

4.         Peserta berkomitmen untuk menyelesaikan program hingga selesai.

 

Benefit bagi peserta :

 

1. Kegiatan ini tidak dipungut biaya apapun.

 

2.Peserta akan mendapatkan Sertifikat Program Internship PPKM Indonesia Batch 2 dan Surat Rekomendasi dari PPKM Indonesia.

 

3.Makan siang dan snack selama kegiatan disediakan oleh Team PPKM Indonesia

 

4.Peserta berkesempatan mendapatkan training dari pembicara dan pengisi materi profesional dari luar PPKM Indonesia.

 

5.Peserta mempunyai kesempatan untuk menjadi Trainer pada kegiatan PPKM dan juga jika mempunyai kualifikasi yang tepat berkesempatan untuk bergabung dalam organisasi PPKM Indonesia.

 

 

Skema Rekrutmen :

 

1.      Peserta membuka link PPKM Indonesia (www.ppkmindonesia.com) untuk membaca terlebih dahulu mengenai PPKM Indonesia dan ALPHA-I (www.alpha-i.or.id) untuk mengetahui organisasi ALPHA-I.

 

2.      Peserta WAJIB mengisi Formulir Pendaftaran Online melalui tautan :https://docs.google.com/forms/d/1XtjVthewIPccrcetRZ5SWZ2j5lVASc7L2Xy2qyu4-2Y/viewform?c=0&w=1

 

3.      Peserta WAJIB mengirimkan CV / Resume ke email : ppkm.indonesia@gmail.com

 

4.      Peserta lolos tahap seleksi administrasi akan dipanggil untuk mengikuti wawancara dengan Team PPKM.

 

5.      Peserta lolos seleksi wawancara akan diundang untuk menghadiri Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dan Presentasi Pemaparan Program Internship PPKM Batch 2

 

6.      Terakhir yaitu penandatangan kontrak kesediaan antara peserta dan Team PPKM sekaligus pada pertemuan pertama kegiatan internship.

 

 

 

Untuk Pertanyaan Lebih Lanjut :

 

Hubungi Project Officer PPKM Indonesia

Sdri. Riana Maharani

Email : nanamaharani@gmail.com;

Cellphone : +62 856 9223 4577 (WhatsApp or sms only)

 

Sekretariat ALPHA-I

Menara Imperium Lt. 28 Suite B, Jl. HR Rasuna Said Kav 1 Jakarta 12980

Telp. +6221 – 831 7330

logo ppkm footer