donasi

BerandaKabarKegiatan TFoC Komunitas SBM Kerjasama PPKM Dengan OJK

Kegiatan TFoC Komunitas SBM Kerjasama PPKM Dengan OJK

Sekolah Bermain Matahari (SBM) yang berlokasi di Jalan Kapuk Gang Sana No. 56B RT.06 RW.01 Margonda Raya, Depok ini merupakan sebuah sekolah non-profit untuk anak-anak usia dini sebelum memasuki lingkungan sekolah. Komunitas ini berdiri pada tanggal 26 November 2012. Tujuan dari SBM ini adalah sebagai sarana pengembangan potensi dan karakter terbaik bagi anak melalui program-program pendidikan yang bersahabat dan menyenangkan.

Kegiatan Pelatihan Keuangan yang diselenggarakan oleh PPKM dijadikan sebagai topik dalam kegiatan pengajian ibu-ibu dari anak didik SBM yang rutin dilaksanakan setiap 2 minggu sekali. Kegiatan ini disosialisasikan oleh Fadel Noorsal yang juga merupakan guru volunteer di SBM. Kegiatan pertama dimulai dengan mengundang ibu-ibu untuk datang pada sesi sosialiasi pada tanggal 23 Agustus 2014 . Ibu-ibu antusias untuk mengikuti kegiatan, sehingga disepakati pertemuan awal dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2014.

Jumlah peserta yang mendaftar untuk mengikuti pelatihan ini sebanyak 33 orang, yang semuanya merupakan orang tua murid SBM. Kegiatan ini dinilai sangat bermanfaat bagi ibu-ibu selagi mereka menunggui anak-anak yang sedang belajar. Peserta yang terdaftar rata-rata berprofesi sebagai Ibu Rumah Tangga dan berpendidikan rata-rata SMA.

Jumlah fasilitator dalam kegiatan TFoC komunitas Sekolah Bermain Matahari (SBM) adalah 7 orang, 3 dari 7 fasilitator merupakan peserta pada Training of Trainers Financial Literacy PPKM yang telah diselenggarakan bulan Mei 2014 yang lalu. Sementara keempat fasilitator lainnya merupakan tim internal dari Sekolah Bermain Matahari.

Berikut ini merupakan data diri dari fasilitator di SBM:

Nama

Usia

Pekerjaan

M. Fadel Noorsal

22 tahun

Karyawan Swasta

Firlia Sandyta

21 tahun

Karyawan Swasta

Yuliana Paminto

22 tahun

Mahasiswa

Fitria Rachmawati

24 tahun

Karyawan Swasta

Nofa Aulia

22 tahun

Karyawan Swasta

Lulu Rachmania

22 tahun

Mahasiswa

Tarnimmatul Ummah

21 tahun

Mahasiswa

Testimoni

Ibumariana

Ibu Mariana, 34 Tahun, Ibu Rumah Tangga

Saya mengetahui kegiatan PPKM dari kegiatan yang dilakukan di SBM, kebetulan anak saya adalah salah satu siswa di SBM. Saya awalnya tertarik mengikuti kegiatan PPKM karena saya saya ingin mengubah Bapak/suami saya (cara pandang beliau mengenai uang dan berhemat), terutama agar klop dengan bagaimana saya berpikir akan uang. Bagi saya kegiatan PPKM ini sangat menyenangkan, sambil nunggu anak saya sekolah saya juga bisa sambil belajar tapi tidak serius, lalu saya juga bisa menabung tanpa adanya keterpaksanaan, dan yang terpenting saya bisa mengisi waktu luang sambil melihat anak saya belajar. Manfaat terbesar yang saya rasakan selama mengikuti kegiatan PPKM ini adalah dimana saya dapat menabung dengan teratur dan baik meskipun jumlahnya tidak besar. Namun saya dapat mendisiplinkan diri untuk menabung. Saran saya untuk kegiatan kedepannya, mungkin bagaimana caranya agar kami diajari tidak hanya untuk mengatur dan mengelola keuangan tetapi juga diajarkan mendapatkan penghasilan tambahan. Terima kasih PPKM.

Ibukarni

Ibu Karni, 38 Tahun, Ibu Rumah Tangga

Saya mengetahui kegiatan PPKM dari kegiatan yang dilakukan di SBM. Alasan saya ingin mengikuti kegiatan ini karena saya ingin mengetahui bagaimana cara menabung yang baik agar dapat saya ajarkan lagi kepada anak-anak saya di rumah. Saya juga ingin mengetahui lagi informasi mengenai asuransi. Saya berharap Kakak-kakak PPKM dan SBM tetap rajin dalam hal memberikan kami informasi-informasi dan mengajari kami banyak hal. Bagi saya, kegiatan PPKM di SBM sangat menyenangkan, memberikan banyak sekali manfaat, saya jadi ingin mengajak teman-teman saya yang lainnya juga. Saya berharap Kakak-kakak PPKM dan SBM dapat memberikan pengetahuan lainnya juga baik yang berkaitan dengan keuangan maupun lainnya. Saya juga berharap kegiatan ini akan tetep ada dan tidak berakhir begitu saja. Tidak ada kritik apapun menurut saya, saya senang dengan kegiatan PPKM di SBM.

Ibusuryanih

Ibu Suryanih, 39 Tahun, Ibu Rumah Tangga

Saya mengetahui kegiatan PPKM dari Kakak-kakak Guru di SBM. Saya termotivasi untuk mengikuti kegiatan PPKM di SBM adalah karena saya ingin dapat mempunyai tabungan terutama untuk tabungan pendidikan anak-anak saya, karena anak saya sudah ada yang akan masuk SMA, jadi saya harus bersiap-siap. Kegiatan PPKM di SBM menurut saya sangat menyenangkan dan tidak terlalu serius, saya juga senang karena mandapatkan pengetahuan yang kemudian dapat saya terapkan dalam kehidupan saya sehari-hari. Kesan saya sekali lagi sangat menyebangkan terutama kegiatan menabungnya, saya sangat suka, dan sekarang saya jadi bisa menabung. Saran saya adalah, agar kegiatan ini dapat berlanjut, materi yang diberikan makin banyak dan terus bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Beberapa foto terbaik selama kegiatan berlangsung

Lampiran1-PPKMdenganOJK-SBM

Lampiran2-PPKMdenganOJK-SBM

Lampiran3-PPKMdenganOJK-SBM

 

logo ppkm footer